Upacara dan Pengakraban Siswa Baru

Posted on Updated on

APEL PENGAKRABAN
SMP Muhammadiyah 6 Surakarta

       Tipes, sabtu 20 Juli 2019 SMP Muhammadiyah 6 Surakarta mengadakan apel pengakraban untuk mempererat tali persaudaraan antar warga sekolah, kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah acara tersebut diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan juga seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX, selain pengenalan guru dan karyawan , acara yang dimulai pukul 07.40 tersebut juga diisi kegiatan pelepasan balon cita-cita, bertukar makanan dan peluncuran roket air hasil karya siswa kelas VII saat kegiatan MOPD.
       Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 6 Surakarta, Ibu Dra. Dwiyani Prastiyanti menyampaikan kepada seluruh warga sekolah akan pentingnya semangat persaudaraan dilingkungan sekolah dalam mewujudkan sekolah yang nyaman dan menyenangkan agar semua dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing baik sebagai pendidik maupun sebagai peserta didik sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.
       Menurut Bapak Supriyanto, S.Pd selaku Koordinator bid. Kesiswaan kegiatan seperti ini sangat perlu dilaksanakan diawal tahun pelajaran sehingga terjalin persaudaraan terutama antara peserta didik yang baru dengan peserta didik yang lain. Kegiatan ini menjadi sarana dalam mengakrabkan para siswa tidak ada istilah senior dan yunior karena mereka bersaudara.
       Pelepasan balon cita-cita oleh seluruh peserta didik kelas VII dilakukan secara serempak dengan dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah. Menurut Bapak Joko, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah pelepasan balon keudara memiliki filosofi setiap peserta didik harus memiliki cita-cita yang tinggi dan semangat untuk meraih cita-cita tersebut melalui belajar yang tekun.

This slideshow requires JavaScript.


       Selain pelepasan balon keudara, dilakukan peluncuran roket air hasil karya siswa saat kegiatan MOPD, saat pembuatan roket siswa dijarkan prinsip tekanan yang ada di dalam fisika, mereka pun tidak hanya sekedar membuat roket air itu secara asal-asalan, namun mereka juga menghiasnya menjadi roket-roket yang menarik untuk dilihat. Detik-detik peluncuran roketpun dimulai, dengan tekanan dari pompa sepeda yang disalurkan ke dalam roket dari botol bekas yang sudah diisi air, para siswa dengan sukacita menyaksikan kegiatan peluncuran roket tersebut.
       Kegiatan dilajutkan dengan bertukar bekal makanan yang dibawa dari rumah, seluruh siswa pada hari sebelumnya diminta untuk membawa makanan dengan kisaran harga minimal Rp.3.000,- dengan dibungkus menggunakan kertas polos atau koran, acara tukar makanan dipandu oleh Bapak Hastono, S.Pd I. dengan bertukar makanan selain sebagai sarana pengakraban siswa diajari bagiamana untuk ikhlas, saat kita bisa memberi dengan sesuatu yang lebih baik dan menerima apapun yang kita dapat sekalipun tidak sebaik yang sudah kita berikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s