MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik)

Posted on

Masa Orientasi Pserta Didik

SMP Muhammadiyah  6 Surakarta

Tahun pelajaran 2019/2020

 

Bersama meraih sukses

WhatsApp Image 2019-07-17 at 12.11.58Tipes, matahari bersinar terang benderang, daun-daun bergerak ringan disertai semilir angin pagi yang mendamaikan jiwa, senin 15 Juli 2019 adalah hari pertama masuk sekolah, terlihat dengan semangat barunya para peserta didik menuju sekolah impian mereka, wajah yang ceria dengan hiasan senyum dan canda tawa memperlihatkan antusias mereka dalam mengikuti kegiatan yang sudah dinanti Masa orientasi peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta.

Pelaksanaan masa orientasi peserta didik dilaksanakan selama 3 hari di area SMP Muhammadiyah 6 Surakarta, acara dikemas dengan bernuansa kekeluargaan dengan harapan terwujudnya kebersamaan antar peserta didik dalam proses pembelajaran disekolah menuju kesuksesan bersama.

Kegiatan hari pertama diawali dengan melaksanakan tilawah Al Qur’an dan sholat sunah dhuha di masjid dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan kepala sekolah, penyematan tanda peserta dan dilanjutkan dengan materi pengenalan organisasi IPM, materi pengenalan Bimbingan konseling sera sholat dzuhur dan do’a.

Kegiatan MOPD mengambil tema “bersama meraih sukses” dalam sambutannya Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 6 Surakarta, Ibu Dra. Dwiyani Prastiyanti menyampaikan kepada seluruh peserta MOPD bahwa kesuksesan  akan diraih apabila dalam prosesnya dilakukan secara bersama. Semangat kekeluargaan anatar siswa harus dibangun untuk meraih kesuksesan tersebut. Semangat untuk saling menyayangi, menghargai dan saling melindungi perlu dikembangkan disekolah sehingga tercipta suasana sekolah yang kondusif untuk  belajar.

Materi pengenalan organisasi IPM disampaikan langsung oleh IPM PDM Surakarta, para peserta MOPD dibekali pentingnya sebuah organisasi dalam dunia pendidikan, sejarah terbentuknya IPM dan juga disampaikan visi misi dan penjelasan makna lambang IPM, materi berikutnya terkait dengan pengenalan Bimbingan konseling dalam materi tersebut dipaparkan peran dan fungsi guru BK di sekolah dengan membangun konsep bahwa guru BK adalah partner bagi siswa dalam proses pengembangan diri untuk bersama meraih kesuksesan.

Hari berikut tepatnya Selasa, 16 Juli 2019 pukul 06.50 seluruh peserta MOPD sudah menanti-nanti kegiatan bersama disekolah dengan semangat baru mereka memulai kegiatan dengan tilawah Al Qur.an dilanjutkan dengan solat sunah dhuha sebagaimana aktifitas pembiasaan harian di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta, kemudian siswa peserta MOPD dipandu oleh kakak tingkat mereka yang aktif sebagai pengurus IPM dan Hawai melakukan observasi lingkungan sekolah dilanjutkan dengan materi hari ke dua yaitu pemaparan kurikulum sesuai ciri khusus sekolah, program kegiatan keagamaan, penjelasan aturan/tata tertib sekolah dimana aturan tataterib sekolah mengikat/mengatur kebiasaan siswa tidak hanya di dalam namun juga diluar sekolah. pada hari itu suasana nampak lebih meriah dengan disampaikan dan di ikuti secara bersama ice breaking.

Untuk menambah semangat kebersamaan di hari ketiga, setelah mengikuti kegiatan pembiasaan harian peserta MOPD dipandu kakak kelas mereka menuju lapangan pringgolayan tipes, puluhan peserta didik nampak sangat ceria dan berbahagia dalam mengikuti kegiatan outbond, seluruh permainan yang diberikan oleh kakak kelas dilakukan dengan semangat penuh kegembiraan. Kegiatan outbond dihari ketiga bertujuan untuk menguji, melatih dan memahamkan pentingnya kerja sama tim, komunikasi dan leadership, melalui kegiatan ini pula dapat diketahui kepribadian dari masing-masing individu secra langsung.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s